Site Loader
Tren Workplace Hadapi New Normal

WE Online, Jakarta

Mendatangi new normal , masyarakat dapat kembali beraktivitas di luar rumah dengan berbagai aturan kebersihan. Untuk yang masih hidup dari rumah ( work from home ), tentunya perlu melakukan berbagai penyesuaian dalam penataan ruang. Sementara itu, perusahaan juga perlu meng- upgrade kantor atau bisnisnya untuk memfasilitasi perbuatan tersebut. Kejadian ini memunculkan tren baru workplace di mana kebersihan, kesehatan, dan kesejahteraan menjadi prioritas.

Menyikapi hal itu, Dekoruma, perusahaan teknologi home , living , dan interior di Indonesia, turut mengamati perubahan yang terjadi akibat Covid-19 & transisi PSBB ke new normal . Hal ini terutama terjadi pada perilaku konsumen serta kebutuhan isi rumah dengan mengalami lonjakan permintaan.

Baca Juga: Kenaikan Harga Melambat, Momentum Tepat Beli Properti

“Sejak pemerintah mengimbau masyarakat agar beraktivitas pada rumah, kami melihat kepercayaan customer buat berbelanja online makin meningkat. Tercatat, kenaikan penjualan online retail kami mencapai 2x lipat. Salah satu kategori dengan mendominasi adalah produk home office laksana meja kerja, kursi kantor, dan rak penyimpanan yang meningkat tajam hingga 198%, ” jelas Dimas Harry Priawan, Co-Founder dan CEO Dekoruma, dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat (14/8/2020).

Tren Workplace di Rumah

Dekoruma membaca, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membuat workplace di rumah agar tetap nyaman dan tentunya sesuai kebutuhan. Hal tersebut meliputi penentuan tempat area kerja, pemilihan furnitur, penempatan area penyimpanan, dan penambahan dekorasi untuk mendukung produktivitas.

Untuk menentukan workplace di rumah, pastikan bahwa area kegiatan tersebut berada di tempat dengan minim distraksi dengan pencahayaan dengan cukup. Jika tidak tersedia space dengan luas, bisa dengan memanfaatkan ujung ruang atau corner sebagai area kegiatan. Kemudian, pilih furniture ergonomis yang space-saving dan multifungsi untuk memaksimalkan kawasan. Penempatan area penyimpanan juga penting untuk menjaga kerapian & kebersihan area kerja. Penyimpanan vertikal direkomendasikan menjadi opsi yang tepat untuk workplace di hunian mungil.

Selain membuat workplace terlihat lebih estetik, memilih dekorasi yang tepat hendak menunjang produktivitas di area kegiatan. Penggunaan lampu meja akan membina makin fokus karena sorot lampu diarahkan pada satu titik. Berikutnya, gunakan dekorasi yang fungsional buat penataan barang seperti folder buat menyimpan dokumen, kotak penyimpanan buat menyimpan alat tulis, dan sebagainya. Terakhir, juga bisa juga meletakkan tanaman hias sebagai aksen untuk menyegarkan ruang. Kehadiran tanaman mau membuat lebih relax dan mengurangi rasa stres.

Habituasi Prosedur Jasa Desain Interior Semasa New Umum

Guna mendukung masyarakat agar langgeng di rumah, jasa desain interior Dekoruma turut melakukan penyesuaian modus dengan mengoptimalkan layanan konsultasi online . Prosedur ini efektif untuk mengurangi intensitas tatap muka antara desainer dan customer . Hal itu juga ditunjang oleh penggunaan teknologi SOMA, software yang dikembangkan sebab Dekoruma.

Tren Workplace di Berbagai Industri dan Bisnis

Memasuki era new biasa , pelaku industri dan bisnis juga dituntut responsif untuk melayani penyesuaian di kantor atau tempat usahanya. Penyesuaian yang perlu diperhatikan mencakup pertimbangan kepadatan dan jarak dalam ruangan, ventilasi dan peredaran udara, kemudahan akses kebersihan, dan sebagainya.

Menyadari mau hal ini, DekorumaBusiness menawarkan penyelesaian berupa perlengkapan new normal yang sanggup membantu pemilik usaha meng- upgrade kantor ataupun bisnisnya menjadi lebih aman & higienis. Perlengkapan tersebut seperti pemisah ( sneeze guard ), area cuci tangan ( sanitizer station ), dan lainnya.

Bakal tetapi, tentu tak hanya logistik new normal yang diperlukan. Desain interior pun harus beradaptasi mengikuti kejadian new normal ini. Dimas menjelaskan, rasam baru masyarakat saat pandemi tersebut bukan mustahil akan bertahan dan terus diterapkan ke depannya.

“Maka, interior kantor juga harus berubah supaya semua ngerasa aman dan nyaman saat bekerja. Tentu dari awal proses merancang interior, kami pasti akan memikirkan jarak, kebersihan, keamanan, dan ciri lainnya sesuai standar kesehatan, ” pungkasnya.

Mengingat status pandemi yang belum dapat dipastikan kapan berakhirnya, masyarakat tetap harus berhati-hati dan tidak abai dalam menerapkan protokol kesehatan. Pandemi nyata menimbulkan tantangan baru di bervariasi aspek kehidupan masyarakat. Namun, Dekoruma percaya semua tetap ada bagian positifnya.

Salah satunya, kini masyarakat dapat menghabiskan lebih banyak waktu bersama keluarga #BisaDiRumah. Dekoruma juga menghadirkan jasa desain interior untuk kebiasaan baru agar hunian dan kantor senantiasa tenang dan nyaman. Informasi selengkapnya tersedia di website Dekoruma.

Gregory Jenkins