Site Loader
Peluru Antariksa Kelas Berat Rusia Sukses Diluncurkan, Putin Kasih Pesan Itu

WE Online, Moskow

Rusia berhasil menguji peluncuran berpandu antariksa kelas berat Angara A5 pada Senin (14/12/2020). Itu menjadi pertama kali setelah Moskow selama enam tahun absen dalam order penerbangan antariksa itu.

Kementerian Pertahanan dan Badan Antariksa Roscosmos mengatakan, peluncuran Senin (14/12/2020), dari kosmodrom Plesetsk di barat laut negara itu, telah jadi. Presiden Rusia, Vladimir Putin, menyatakan peluncuran tersebut sebagai memiliki signifikansi besar bagi keamanan nasional.

Baca Juga: Borong S-400 Rusia, Turki Siap-siap Terima Sanksi dari Donald Trump

Uji coba pertama diluncurkan pada 2014 itu dikembangkan untuk menggantikan Proton M jadi roket angkat berat Rusia, yang mampu membawa muatan lebih mulia dari 20 ton ke orbit.

Namun, Angara menjalani penundaan manufaktur dan masalah teknis, termasuk penemuan tahun lalu dibanding kerusakan pada mesinnya. Menurut para-para ilmuwan, kerusakan tersebut dapat menghancurkannya dalam penerbangan.

Roscosmos pun telah mengalami serangkaian kemunduran dan skandal korupsi dalam kira-kira tahun terakhir. Salah satu yang menyita perhatian adalah pembangunan Vostochny Cosmodrome di timur jauh negeri itu dengan skandal kontraktor yang diduga mencuri dana negara.

Partner Sindikasi Konten: Republika

Gregory Jenkins