Site Loader

WE Online, Jakarta

Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) mengambil tindakan atas dugaan penghinaan terhadap lagu kebangsaan Indonesia Awam. KBRI langsung melaporkan peristiwa tersebut ke kepolisian Diraja Malaysia.

“Pihak KBRI di KL (Kuala Lumpur) sudah melaporkan tentang tersebut ke pihak kepolisian Malaysia, ” tuturnya kepada Okezone , Minggu (27/12/2020).

Baca Juga: Pelecehan Perempuan di Perkebunan Sawit, KBRI Tokyo: Tidak Sesuai Fakta pada Lapangan

Sebelumnya, lagu Indonesia Raya dibuatkan karikatur oleh akun MY Asean di media sosial Youtube. Dalam gambar berdurasi 1. 31 menit itu terlihat aransemen dan lirik lagak Indonesia Raya diubah total dengan nada penghinaan.

Gambar Diposting sekitar 2 pekan lalu oleh akun berlogo bendera Malaysia. Terakhir terlihat sebelum video itu menghilang, tercatat 33 ribu akun Youtube lainnya telah menonton.

Lirik lagu diawali dengan suara ayam berkokok. Aransemen pembawaan pun terlihat hampir seperti aslinya, hanya tambahan suara ayam di dalam lagu itu. Sepanjang video terdapat background Merah Putih ditimpal dengan perut anak yang tampak sedang meninggalkan air seni. Sementara, di tengahnya terdapat ayam berlambang Pancasila.

Secara singkat, lirik gaya sendiri berisi penghinaan mulai sebab Indonesia bangsa sial dan tertinggal. Dalam lagu juga presiden Jokowi dan Soekarno diparodikan.

Partner Sindikasi Konten: Okezone

Gregory Jenkins