Site Loader
Pada Tengah Pandemi Covid-19, Traffic Web Diprediksi Melonjak saat Lebaran

WE Online, Jakarta

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny Gerard Plate mengatakan bahwa traffic atau jumlah akses internet pada saat hari raya Lebaran nanti akan melonjak tajam. Menurutnya, hal ini dipicu juga oleh pandemi Covid-19 yang memaksa orang untuk beralih memanfaatkan internet sebagai jendela penghubung ke dunia luar.

Mengatasi hal itu, Menkominfo mengatakan tengah bekerja sama dengan operator telekomunikasi guna mengantisipasi lonjakan akses web.

Baca Juga: Mungkinkah Internet di Indonesia Digratiskan Selama Covid-19?

“Kami juga saat ini sedang bekerja bersama-sama dengan operator seluler untuk mengantisipasi pada saat kenaikan trafik yang besar di hari bulan Ramadan dan hari raya Idulfitri nanti kemungkinan kenaikan trafik antara 30 sampai 40 persen, ” ujar Johnny di Graha BNPB dalam konferensi pers digital yang digelar pada Rabu (8/4/2020).

Johnny mengatakan bahwa saat ini ketersediaan bandwith yg ada masih dalam kapasitas kendali broadband. Belum ada rencana penambahan broadband ataupun cakupan frekuensi. Namun, Johnny tetap mengimbau masyarakat tuk tetap menggunakan ruang digital oleh bijak. Salah satunya dengan bukan menyebarluaskan berita bohong terkait Covid-19.

“Kami juga menyampaikan dan berharap pada masyarakat agar menggunakan ruang digital kita sebagaiselaku, ala, menurut, sehat, secara cerdas, dan secara bermanfaat, ” katanya.

Jika pemerintah Indonesia mengimbau penduduk untuk menggunakan internet dengan bijak agar menjaga ketersediaan bandwith, pemerintah Malaysia justru menggelontorkan dana lebih agar internet selama darurat Covid-19 digratiskan.

Pemerintah Malaysia menggelontorkan dana sebesar US$ 139 juta dan dana tambahan US$ 93 juta untuk penyediaan internet dan penambahan kualitas internet.

Ada jutaan anak yang terkendala belajar online karena keterbatasan akses internet. Ada banyak tenaga medis yang tidak dibekali APD lengkap. Mari kita sama-sama sukseskan kampanye #AmanDiRumah untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Donasi Anda akan disalurkan untuk membantu pengadaan APD dan fasilitas pendidikan online anak-anak Indonesia. Informasi soal donasi klik pada sini .

Gregory Jenkins