Site Loader
Negaranya Jauh Tertinggal, Bos Spotify Rogoh Rp17 T untuk Majukan Startup Eropa

WE Online, Jakarta

Salah satu pendiri Spotify, Daniel Ek baru saja mencanangkan akan berinvestasi sebesar USD1, dua miliar (Rp17, 9 triliun) pada perusahaan startup Eropa.

Dalam acara virtual yang diselenggarakan oleh penyelenggara acara start-up Slush, Ek mengatakan dia akan memakai dana tersebut untuk membuat tanggungan moonshot. Fokusnya adalah pada teknologi mendalam, alat yang berfokus pada permutasi ilmiah.

Menyuarakan Juga: Ekonomi AS Carut-Marut, Miliarder Ini Desak Trump Kasih Uang ke Rakyat

Adapun sektor yang ingin diinvestasikan Ek adalah kesehatan, pendidikan, penelaahan mesin, dan bioteknologi.

“Saya ingin melakukan bagian aku; kita semua tahu bahwa lengah satu tantangan terbesar adalah kanal modal, ” ujar Ek dikutip dari CNBC International di Jakarta, Jumat (25/9/2020).

Pria pokok Swedia ini menambahkan dia mau Eropa mencapai mimpi baru, mirip dengan American Dream selama dekade berikutnya.

Ek sendiri menurut catatan Forbes Ek memiliki kekayaan USD3, 6 miliar (Rp53 triliun). Itu berarti, ia telah mencatu sekitar sepertiga dari kekayaannya tunggal untuk investasi.

Adam 37 tahun ini mengaku kecil dengan jumlah perusahaan teknologi Eropa yang dibeli oleh saingan GANDAR sehingga menguras otak para pengusaha berbakat untuk meninggalkan kawasan itu menuju Silicon Valley.

Gregory Jenkins