Site Loader
Muncul di Azerbaijan, Erdogan Ikuti Meriahnya Perayaan Kemenangan: Perjuangan Belum Berakhir...

WE Online, Dasar

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan dalam kunjungannya ke Azerbaijan “perjuangan” Baku terhadap musuhnya Armenia belum berakhir setelah kemenangan menentukan sekutu dekatnya itu atas daerah yang disengketakan.

“Azerbaijan menyelamatkan tanahnya dari pendudukan tak berarti bahwa perjuangan telah sudah, ” kata Erdogan dalam parade militer di Baku.

Baca Juga: Terbang ke Azerbaijan, Erdogan Soroti Hal Itu di Peringatan Kemenangan Karabakh

“Perjuangan yang dilakukan di bidang politik dan militer akan berlanjut mulai sekarang dalam banyak bidang lainnya, ” imbuhnya seperti dikutip dari Al Arabiya, Jumat (11/12/2020).

Erdogan tiba di Baku untuk mendatangi perayaan nasional yang menandai kemajuan Azerbaijan dalam konflik di Nagorno Karabakh.

Dalam pidatonya, pemimpin Turki itu juga mengucapkan bahwa kebebasan Karabakh akan menjadi awal dari era baru pada wilayah tersebut. Ia menambahkan kalau Armenia harus bertanggung jawab atas kejahatan perang yang dilakukan selama konflik.

Turki menjunjung Azerbaijan selama bentrokan dengan rombongan Armenia atas wilayah Nagorno-Karabakh yang disengketakan baru-baru ini.

Pertempuran meletus pada 27 September dan berakhir enam minggu kemudian dengan kesepakatan yang ditengahi Moskow. Berdasarkan kesepakatan itu, Armenia menyerahkan bagian kepada Baku wilayah yang disengketakan dan distrik yang berdekatan dengan Azerbaijan yang dikendalikannya semenjak 1990-an.

Ankara secara luas dituduh mengirim tentara kompensasi dari Suriah untuk mendukung tentara Azerbaijan, tetapi membantah tuduhan itu.

Partner Sindikasi Konten: SINDOnews

Gregory Jenkins