Site Loader
momentum-ramadan-penjualan-eceran-diprediksi-naik-114-1

Berdasarkan survei Bank Indonesia (BI), pertumbuhan penjualan eceran di dalam April 2021 diprediksi mencapai 11, 4% (mtm) sejak 6, 1% pada bulan sebelumnya.

Eksekutif Kepala Departemen Komunikasi BI, Erwin Haryono, mengutarakan bahwa proyeksi ini sependirian dengan daya beli klub yang meningkat saat Bulan berkat, keadaan musim dan iklim yang mendukung, serta banyaknya program diskon.

Baca Juga: Terima Ramadan, Penjualan Eceran Maret 2021 Tumbuh Positif

“Masyarakat memperkirakan peningkatan kemampuan penjualan eceran berlanjut, ” kata Erwin di Jakarta pada beberapa waktu semrawut.

Erwin merinci sebagian besar kelompok diperkirakan mengalami peningkatan penjualan pertama pada kelompok makanan, minuman dan tembakau, peralatan data dan komunikasi, serta bahan lainnya dengan masing-masing sejumlah 13, 6%, 5, 1%, dan 12, 6%.

Sementara itu, dengan tahunan, penjualan eceran diprakirakan meningkat sebesar 9, 8% (yoy) dari sebelumnya -14, 6% (yoy). Peningkatan diprakirakan terjadi pada seluruh golongan komoditas terutama kelompok barang lainnya khususnya subkelompok sandang, kelompok bahan bakar organ bermotor, serta kelompok sasaran, minuman, dan tembakau.

Di triwulan I 2021, kinerja penjualan eceran diindikasi sedikit membaik meski masih terkontraksi. Indeks penjualan eceran triwulan I 2021diperkirakan sedikit pulih menjadi sebesar -16, 3% dari -16, 8% (yoy).

Gregory Jenkins