Site Loader
moeldoko-maju-pilpres-2024-elektabilitas-aja-masih-kalah-jauh-dari-ahy-1

Elektabilitas Kepala Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dinilai masih pada atas Ketua Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko pada kontestasi Pilpres 2024.

“Kalau membaca jalan Moeldoko dalam kontestasi pilpres, masih agak jauh dibandingkan dengan AHY, ” kata Direktur Eksekutif Nusantara Public Institut (IPI) Karyono Wibowo di Jakarta, Sabtu (6/2).

Hal itu, kata tempat, terpotret dari sejumlah hasil survei yang mengukur peluang capres pada Pemilu 2024. Dari hasil survei yang dirilis, nama Moeldoko kurang muncul dalam survei yang dikerjakan oleh sejumlah lembaga.

Baca Juga: Makjleb! Istana Pastikan Jokowi Tak Balas Surat AHY, PDIP: Kandas Upaya Demokrat Framing Opini

Kalaupun ada yang menguji nama Moeldoko, lanjut dia, posisinya masih di bawah AHY.

“Jadi, untuk tengah, Moeldoko masih keok melawan AHY di bursa pilpresmeskipun elektabilitas AHY masih jauh di bawah jika dibandingkan dengan figur Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Anies Baswedan, ” kata Karyono.

Kendati demikian, ia mengatakan, apakah isu pengambilalihan kepemimpinan Partai Demokrat berdampak pada elektabilitas Moeldoko dalam bursa capres masih harus diuji melalui survei persepsi publik.

“Untuk mengukur ada pengaruh atau tidak dan seberapa besar pengaruh isu pengambilalihan kepemimpinan Demokrat terhadap elektabilitas Moeldoko, semestinya diuji menggunakan instrumen penelitian, ” kata Karyono.

Lihat Sumber Tulisan di Republika Disclaimer: Artikel tersebut merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terpaut dengan tulisan, foto, grafis, gambar, dan keseluruhan isi artikel menjelma tanggung jawab Republika.

Gregory Jenkins