Site Loader
gelar-ii-motion-kemenperin-bidik-industri-halal-tanah-air-berdaya-saing-global-1

Kementerian Perindustrian menggelar Indonesia Industrial Moslem Exhibition (ii-Motion) secara maya pada 3-5 Juni 2021 mendatang.

Hal tersebut sebagai bentuk perluasan industri halal dan fesyen muslim agar bisa bertambah berkontribusi terhadap perekonomian nasional.

Menurut, Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka (IKMA) Kemenperin, Gati Wibawaningsih, mengatakan kalau pelaku industri kecil serta menengah (IKM) memiliki posisi penting dalam mendukung perkembangan industri halal dan fesyen muslim di Tanah Tirta. Baca Juga: Dorong Industri 4. 0 Kepelabuhanan dan Telematika, Sucofindo Gandengan Tangan Sama ITS

Lanjutnya, ia mengatakan kalau gelaran ii-Motion sebagai lengah satu fasilitas untuk merendahkan pelaku IKM, khususnya dunia fasyen.

“ii-Motion memfasilitasi kemudahan akses rekan kepada pelaku IKM, khususnya yang bergerak di bidang fesyen muslim dan keluaran halal. Sehingga IKM kita mampu berdaya saing secara global, ” ujarnya, pada wartawan, Selasa (25/5/2021). Baca Juga: Dukung Buatan Indonesia, Kemenperin Kampanyekan Festival JogloSemar

Di samping itu, gelaran ii-Moiton merupakan bagian dari kampanye untuk menjadikan Indonesia sebagai pusat fesyen muslim dunia. Kami juga ingin agar Indonesia tidak terus menjadi pasar konsumen produk halal dunia. Namun kita harus bisa menjelma tuan di negeri tunggal karena punya banyak daya besar, imbuh Gati.

Gaya Indonesia itu antara lain sebagai negara muslim terbesar dengan populasi warga muslimnya sebanyak 229 juta sukma atau mencapai 87, 2% dari total 276, 3 juta jiwa penduduk. Jumlah ini adalah 12, 7% dari total populasi muslim dunia.

Faktanya, Indonesia berada di urutan kedua terbawah sebab 61 negara di dunia dalam hal minat mengucapkan. Mau sampai kapan? Tiba aja dulu dari #BacaSampaiTuntas

Gregory Jenkins