Site Loader
Marhaban ya Ramadan, Kemenag Sebar 82 Titik Pengamatan Hilal

WE Online, Jakarta

Kementerian Agama menyiapkan 82 titik di 34 provinsi sebagai tempat pengamatan bulan baru (hilal) pada Kamis (23/4) untuk penetapan awal bulan Ramadhan 1441 Hijriah/ 2020 Masehi.

“Rukyatul hilal dilaksanakan petugas Kanwil Kemenag Provinsi bekerja sama dengan ormas Islam, BMKG lalu Mahkamah Agung, ” kata Dirjen Bimas Islam Kemenag, Kamaruddin Amin, di Jakarta, Senin.

Tim pemantau, kata dia, jadi melakukan pemantauan hilal dengan titik pantau terbanyak di Jawa Timur 27 lokasi dan Jawa Barat delapan tempat.

Dia mengatakan hasil rukyat dan data hisab posisi hilal awal Ramadhan akan dimusyawarahkan dalam sidang isbat untuk kemudian diambil keputusan penentuan waktu ibadah puasa dimulai. Berdasarkan Kamaruddin, sidang isbat tahun terkait dilakukan dengan telekonferensi sehubungan kondisi pandemi COVID-19.

“Seiring kebijakan ‘physical distancing’ dan sesuai protokol kesehatan, kita menghindari wujud kerumunan. Sidang isbat akan memanfaatkan teknologi telekonferensi sehingga peserta serta media tidak perlu hadir pada Kementerian Agama, ” katanya.

Publik, kata dia, dapat menyaksikan proses isbat melalui layanan streaming laman resmi dan press sosial Kementerian Agama.

Ada jutaan anak yang terkendala belajar on-line karena keterbatasan akses internet. Ada banyak tenaga medis yang tidak dibekali APD lengkap. Mari anda sama-sama sukseskan kampanye #AmanDiRumah untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Donasi Anda akan disalurkan tuk membantu pengadaan APD dan sarana pendidikan online anak-anak Indonesia. Informasi soal donasi pilih di sini .

Gregory Jenkins