Site Loader
Mahfud: Saya Keturunan Wong Ndeso, pada Arab Dipanggil Habib

WE Online, Jakarta

Gelar buah hati yang disandang Imam Besar Depan Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab terus menuai pro kontra pada masyarakat.

Menteri Pemimpin Politik, Hukum dan Keamanan Mahfud MD mengatakan, panggilan ‘habib’ diperuntukkan kepada seseorang yang dihormati. Hal tersebut diutarakan Mahfud dalam akun Twitternya, 19 Desember 2018 kelam.

Karena kata tempat, tidak semua orang yang dipanggil dengan sebutan ‘habib’ merupakan dinasti Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam.

Baca Serupa: Pernikahan Putri Habib Rizieq Tabrak Protokol Kesehatan, Mahfud Berkilah Sudah Wanti-wanti Anies

“Banyak orang tak paham interpretasi habib. Habib itu sebutan takzim dan sayang kepada seseorang. Contoh kepada rektor, menteri, dirut PJKA. Tak semua yang dipanggil buah hati keturunan Nabi, ” kata Mahfud, dikutip dari akun Twitternya, Senin (16/11/2020).

Mahfud merespons kontroversi panggilan habib. Sebab, tersedia beberapa figur yang dipanggil dengan sebutan tersebut, namun ternyata berurusan dengan hukum.

Mahfud memaparkan, keturunan Rasulullah terbagi besar, dari jalur Hasan dan Husein. Dari jalur Hasan, disebut Syarif (jika laki-laki) atau Syarifah (bila perempuan).

Adapun dari jalur Husen disebut Sayyid (laki-laki) dan Sayyidah (perempuan). Untuk diketahui, Hasan dan Husein merupakan cucu Rasulullah. Mereka putra dari bagian Ali bin Abi Thalib & Fatimah Az Zahra (putri Rasulullah).

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) ini juga mengiakan pernah dipanggil dengan sebutan kekasih saat di Arab Saudi beberapa waktu lalu.

“Saya saja keturunan wong ndeso di Madura. Tapi kalau ke Saudi dan ketemu orang sering dipanggil habib. Pernah pula mendapat tulisan dalam Bahasa Arab yang ditujukan kepada Alhabib Mahfud, ” pungkasnya.

Partner Sindikasi Konten: Okezone

Gregory Jenkins