Site Loader
Israel Dinilai Gak Becus Rawat Tahanan Palestina

WE Online, Tel Aviv porakporanda

Saadi al-Gharabli, adam Palestina berusia 75 tahun, meninggal dunia setelah mendekam di tangsi Israel selama 26 tahun. Al-Gharabli menderita berbagai masalah medis, tercatat kanker prostat. Otoritas penjara Israel dituding tidak memberinya perawatan medis yang memadai.

Kelompok-kelompok hak asasi manusia Palestina & partai-partai politik menuding Israel bertahun-tahun mengabaikan kesehatan al-Gharabli. Hingga alhasil otoritas penjara Israel memindahkan al-Gharabli dari penjara Eshel di daksina ke Pusat Medis Kaplan pada Israel tengah hanya beberapa keadaan sebelum ia meninggal. Di kian al-Gharabli dilaporkan sudah tidak sadarkan diri dan dinyatakan meninggal.

Baca Juga: Palestina Puji UNESCO Lindungi Situs Memori dari Israel

Kelompok Tahanan Palestina, seperti dilansir dari The Electronic Intifada di dalam Kamis (9/7/2020), menyampaikan al-Gharabli bertemu pembunuhan secara perlahan karena kelengahan medis selama bertahun-tahun di kurungan. Al-Gharabli salah satu dari 69 warga Palestina yang telah meninggal karena kelalaian medis dalam tahanan Israel sejak 1967.

Al-Gharabli ditangkap pada 1994 sebab diduga terlibat dalam pembunuhan seorang tentara Israel di Tel Aviv dan dijatuhi hukuman seumur hidup. Dia menghabiskan 12 tahun perdana penahanannya di sel isolasi. Dia berasal dari lingkungan Shujaiya di Kota Gaza dan memiliki 10 anak, serta salah satu warga Palestina tertua dan terlama dalam penjara-penjara Israel.

Komisi eksekutif Organisasi Pembebasan Palestina mengatakan, kematian al-Gharabli adalah kejahatan hangat terhadap tahanan sebagai akibat dari kelalaian medis. Kelompok perlawanan Jihad Islam meminta tanggung jawab penuh Israel atas kelalaian medis dengan menyebabkan martir dari banyak tangsi di penjara pendudukan.

Mantan perdana menteri Otoritas Palestina di Ramallah, Rami Hamdallah, menyumpahi kondisi kematian al-Gharabli dan mendakwa otoritas penjara Israel mengabaikan perawatannya. Saat ini ada 4. 700 tahanan Palestina di penjara-penjara Israel, termasuk lebih dari 500 orang yang menjalani hukuman seumur hidup.

Partner Sindikasi Konten: Republika

Gregory Jenkins