Site Loader
Gerbang Ditutup, Masjid Istiqlal Tak Melangsungkan Shalat Taraweh Berjamaah

WE Online, Jakarta

Masjid Istiqlal tak akan menggelar Shalat Tarawih berjemaah selama bulan Ramadhan 1441 Hijriah atau tahun ini, memikirkan kini sedang terjadi pandemi Virus Corona (COVID-19). Kepala Protokol Langgar Istiqlal Abu Hurairah mengatakan belasan program yang biasanya diadakan era Ramadhan tersebut tentu mengalami dibatalkan.

“Jadi tidak ada pelayanan agama selama masa COVID-19 di Masjid Istiqlal, ” ujar Abu.

Kendati serupa itu, kata Abu, ada beberapa rencana masjid yang tetap dijalankan, namun program tersebut bukanlah kegiatan yang dilakukan bersama-sama dan disiapkan dengan sistem yang dirancang pengelola langgar.

Baca Juga: Telkomsel Ancang-ancang, Hadapi Laju Cepat Trafik Ramadan dan Idulfitri

“Program biasanya sekitar 17, namun di antara 17 program itu hanya ada besar program yang kami laksanakan. Kedua program itu ialah pengumpulan derma dan santunan yatim, ” tuturnya.

Kedua program tersebut, lanjut Abu, dilakukan dengan para penerima tidak datang langsung ke Istiqlal, namun melalui sistem di jaringan (daring). Sementara zakat bakat dengan menyebarkan rekening.

“Santunan yatim ini pun, di dasarnya mereka tidak datang ke sini, tapi melalui sistem daring, tautan terkait sudah saya hambur di semua yayasan, sudah banyak yang terdata. Nah, untuk derma fitrah, kami sudah sebar rekening untuk transfer, dan orangnya tak perlu ke Masjid Istiqlal, pembagiannya (zakat dan santunan) diantar semacam pembagian daging hewan kurban, oleh karena itu mereka tidak perlu datang ke Masjid Istiqlal, ” ujarnya menambahkan.

Untuk mengantisipasi kedatangan para jamaah, pihak pengelola juga telah menutup gerbang masuk.

“Masyarakat tidak perlu sampai ke Masjid Istiqlal, karena langgar kali ini pasti kami menutup. Hal itu dilakukan sesuai secara instruksi dari pemerintah pusat, pemerintah provinsi, dan MUI, ” sebutan dia.

Ada jutaan anak yang terkendala belajar online karena keterbatasan akses internet. Ada banyak gaya medis yang tidak dibekali APD lengkap. Mari kita sama-sama sukseskan kampanye #AmanDiRumah untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Donasi Kamu akan disalurkan untuk membantu logistik APD dan fasilitas pendidikan online anak-anak Indonesia. Informasi soal dana klik di sini .

Gregory Jenkins