Site Loader
Gandeng Pemkab Asmat, PLN Operasikan Elektrik di 5 Distrik Asmat Papua

WE Online, Jakarta

PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) bersama dengan Pemerintah Kabupaten Asmat menjalin Perjanjian Kerja Sama (PKS) dalam rangka pengoperasian dan pengelolaan sistem ketenagalistrikan bagi lima daerah di Kabupaten Asmat, Papua.

Adapun lima distrik yang dimaksud ialah Distrik Agats, Atsj, Fayit, Pantai Kasuari, dan Suator. Pjs Bupati Asmat, Triwarno Purnomo mengatakan, sebelumnya PLN telah menolok kelistrikan dua distrik di Kabupaten Asmat, yaitu Agats dan Atsj.

“Atas nama Negeri Kabupaten Asmat dan masyarakat, kami ucapkan terima kasih kepada PLN atas koordinasi dan kerja samanya, sehingga serah terima operasi kelistrikan di Kabupaten Asmat dapat berjalan lancar, ” kata Triwarno di dalam keterangan tertulis, Minggu (29/11/2020).

Baca Juga: Pungutan Trans Sumatera Rawan Begal, Aparat Siap Pantau 24 Jam

Triwarno mengatakan, buat biaya pasang baru calon pelanggan di Distrik Fayit, Distrik Miring Kasuari, dan Distrik Suator akan disiapkan oleh pemerintah daerah. Setelah itu, PLN akan segera bekerja untuk melakukan proses pemasangan pelanggan baru secara bertahap.

Sementara itu, General Manager PLN Bagian Induk Wilayah Papua dan Papua Barat (UIW P2B), Abdul Farid mengatakan, saat ini total pelanggan PLN di dua distrik sebelumnya mencapai 4. 619 pelanggan.

“Dengan adanya PKS tersebut, cakupan pengelolaan kelistrikan oleh PLN bertambah lagi, yaitu Distrik Fayit, Pantai Kasuari dan Suator dengan total potensi 341 calon konsumen saat ini, ” kata Farid, Minggu (29/11/2020).

Farid menuturkan, PLN beserta Pemerintah Kabupaten Asmat juga telah melakukan sosialisasi terkait serah terima operasi kelistrikan ini kepada masyarakat yang ada di Distrik Fayit, Distrik Miring Kasuari dan Distrik Suator yang nantinya akan menjadi pelanggan PLN.

Gregory Jenkins