Site Loader
Elegan! Susul Elon Musk, Pendiri PayPal Ini Bakal Debut Jadi Miliarder Dunia!

Salah mulia pendiri PayPal, Max Levchin bakal segera bergabung dengan Elon Musk, Peter Thiel dan Reid Hoffman dalam daftar miliarder dunia. Dia akan menjadi anggota baru dari ‘Paypal Mafia’ yakni para pembuat PayPal yang sukses menjadi miliarder dunia.

Perusahaan Max Levchin bernama Affirm yang merupakan pemberi pinjaman online yang dimulai oleh Levchin pada 2012. Dalam prospektus IPO yang diperbarui, mereka berencana akan menjual saham seharga USD33 hingga USD38. Di pucuk atas kisaran itu, 27, 5 juta saham Levchin atau sekitar 11% dari total saham dengan beredar, akan bernilai lebih daripada USD1 miliar (Rp14 triliun).

Baca Juga: Puji China Lebih Baik dari AS, Elon Musk: Orang-Orang di Kian Cerdas dan Pekerja Keras

Saham-saham tersebut dikunci selama beberapa kamar ke depan, sehingga nilai faktual dari saham Levchin akan berpegang pada reaksi pasar dan kinerja Affirm sebagai perusahaan publik. Dengan USD38 per saham, Affirm bakal bernilai USD9, 2 miliar (Rp128 triliun).

Pria 45 tahun ini telah menghasilkan penuh uang di masa lalu, meski tidak sebanyak beberapa mantan rekannya. Beberapa tahun setelah keluar sebab PayPal, menyusul penjualan ke eBay pada tahun 2002, ia mengasaskan perusahaan aplikasi sosial Slide.

Kemudian ia menjual Slide ke Google pada tahun 2010 seharga USD182 juta. Levchin juga merupakan investor pertama di Yelp, yang didirikan bersama oleh sesama mantan eksekutif PayPal Jeremy Stoppelman, dan menjadi ketua hingga 2015. Lalu, ia menghabiskan tiga tahun di dewan direksi Yahoo.

Istilah “PayPal Mafia” mulai mendapatkan daya tarik sekitar 15 tahun yang berarakan saat karyawan awal dari perusahaan pembayaran tersebut memulai YouTube, LinkedIn, Yelp, Palantir, dan SpaceX.

Gregory Jenkins