Site Loader
Dongeng Orang Terkaya: Armancio Ortega, From Zero to ZARA

WE Online, Jakarta

Amancio Ortega Gaona adalah orang terkaya ke-6 dunia versi majalah Forbes . Kekayaan bersihnya didapuk mencapai USD63, 1 miliar (Rp917 triliun). Pengusaha berkebangsaan Spanyol tersebut lahir pada 28 Maret 1936. Ia merupakan pendiri dari Inditex, perusahaan induk dari brand fesyen ZARA.

Menurut Forbes, pada 7 September 2016, Armancio Ortega sempat didapuk sebagai orang terkaya di Eropa dan dunia dengan kekayaan bersih USD79, 5 miliar (Rp1. 100 triliun).

Baca Juga: Lakon Orang Terkaya: Larry Ellison, Master Oracle Berharta Rp1. 066 T

Ortega mema masa kecilnya di León, Spanyol. Ia adalah anak bontot di keluarganya dan pindah ke La Coruña pada usia 14 tarikh karena pekerjaan ayahnya di kereta api. Ibunya pun hanya bekerja sebagai ibu rumah tangga.

Karena itulah sejak piawai 13 tahun, Ortega sudah pudar sekolah dan mulai bekerja di toko baju Gala. Di sana, ia belajar bagaimana menjahit pakaian dan mempelajari proses produksi had distribusi pakaian dari pabrik ke toko.

Hal tersebut yang kemudian digunakan sebagai lengah satu strategi kesuksesan besarnya merek Zara. Setelah menjadi asisten penjahit, Ortega kemudian bekerja bersama kedua saudara kandungnya, Antonio dan Josefa sebagai salesman di sebuah toko baju yang tengah berkembang.

Memasuki awal tahun 1960-an Ortega pun menjadi manajer dalam toko pakaian lokal. Lalu dia menyadari hanya orang kaya yang mampu membeli baju-baju dengan nilai mahal.

Gregory Jenkins