Site Loader
demi-masa-depan-anak-diplomat-korut-membelot-ke-korsel-1

Seorang diplomat Korea Mengadukan berpangkat tinggi telah membelot ke Korea Selatan, demikian dilaporkan media.

Ryu Hyun-woo ialah penjabat (plt) duta besar untuk Kuwait dan diperkirakan telah kabur bersama keluarganya pada September 2019, menurut laporan harian bisnis Meil. Laporan tersebut mengatakan dia ingin memastikan masa depan yang lebih baik untuk anak-anaknya.

Baca Juga: Beritakan Kemenangan Joe Biden, Media Asal Korut Ambil Langkah Tak Terduga

Desersi ini mengingatkan pada kasus Jo Song-gil, diplomat yang ditempatkan di Italia dan dilaporkan “hilang” di 2018. Dia membelot pada 2019, dan kasusnya dipublikasikan pada 2020, demikian diwartakan BBC.

Pejabat Korea Selatan menolak buat mengonfirmasi laporan tersebut.

Biasanya sangat jarang pejabat senior Korea Utara membelot meskipun kira-kira 1. 000 orang membelot dibanding negara itu setiap tahun.

Bagi sebagian besar warga Korea Utara, itu berarti pelarian yang berbahaya melintasi perbatasan yang sangat dibentengi ke Selatan, ataupun mencoba menyeberangi perbatasan ke China dari mana mereka berisiko dikirim kembali ke Korea Utara.

Laporan media mengatakan Ryu Hyun-woo diperkirakan telah tiba pada Korea Selatan pada September 2019 untuk mencari suaka di sana, tetapi pembelotannya dirahasiakan sampai saat ini.

Dia adalah penguasa duta besar Korea Utara di Kuwait sejak 2017.

Ryu dianggap sebagai menantu dari Jon Il Chun, mantan kepala kantor yang bertanggung jawab akan dana rahasia kepemimpinan Korea Mengadukan.

Pada 2016, Wakil Duta Besar Korea Utara untuk Inggris, Thae Yong-ho, juga membelot bersama keluarganya. 4 tahun kemudian, dia menjadi pembelot pertama yang memenangkan kursi wilayah pemilihan di Korea Selatan.

Lihat Sumber Artikel di Okezone Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Okezone. Hal dengan terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi tulisan menjadi tanggung jawab Okezone.

Gregory Jenkins