Site Loader
BPDPKS Kucurkan Rp9, 24 M, Gapoktan Sumbar Bersyukur atas Program Replanting Sawit

WE Online, Jakarta

Di tengah pergolakan perekonomian nasional, pelaksanaan program Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) secara bertahap untuk provinsi sentra sawit di Indonesia terus dilanjutkan oleh BPDPKS. Kali ini, kucuran dana senilai Rp9, 24 miliar telah diterima oleh klan petani di Kabupaten Solok Daksina, Sumatera Barat untuk melakukan kesibukan PSR atau replanting tahun ini.

Kelembagaan petani yang mendapatkan dana untuk program PSR secara total lahan 370 hektare tersebut, yakni Koperasi Talao Mandiri (Nagari Talao Sungai Kunyit) seluas 121, 48 hektare; Gapoktan Sumber Daerah Makmur (Nagari Talunan Maju) seluas 121, 31 hektare; serta kelembagaan ekonomi Petani Sejahtera (Nagari Kali Kunyit) seluas 126, 93 hektare.

Plt Bupati Solok Selatan, Abdul Rahman dalam sambutannya pada penanaman perdana pohon kelapa sawit di Gapoktan Sumber Negeri Makmur (SAM) Nagari Talunan Maju, Kecamatan Sangir Balai Janggo (SBJ), mengatakan bahwa kegiatan replanting kelapa sawit ini bertujuan untuk meningkatkan produktivitas kelapa sawit rakyat.

Baca Juga: Sawit Digantikan Minyak Nabati Lain? Bukan Penyelesaian, Lingkungan Justru Depresi!

Baca Juga: CPO CIF Rotterdam W3 September: Flying to The Moon!

“Program-program pembangunan ekonomi kaya inilah yang perlu kita bawa bersama-sama dan terus kita carikan dari berbagai sumber pendanaan, yang sesuai dengan situasi dan perihal di daerah kita masing-masing, ” ungkap Abdul Rahman.

Senada dengan hal tersebut, Plt Kadis Pertanian Solok Selatan, Del Irwan mengatakan, “Gapoktan Sumber Zona Makmur mendapatkan program replanting seluas 121, 3 hektare dengan bantuan biaya sebesar Rp3, 03 miliar. Sokongan tersebut langsung masuk ke rekening kelembagaan ekonomi untuk dimanfaatkan sebaik-baiknya. ”

Saat tersebut, pihaknya juga tengah mengusulkan penyaluran dana program replanting seluas 400 hektare untuk tiga kelembagaan lainnya di Solok Selatan. Program replanting ini tunggal masih akan terus berjalan hingga 2022 mendatang.

Gregory Jenkins