Site Loader
Bioskop Masih Ditutup, Produser Film Tersebut Lirik Bisnis Berkuda

WE Online, Jakarta

Dinas Wisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) Provinsi DKI Jakarta memutuskan untuk mengeluarkan izin operasi bioskop dan sebanyak kegiatan indoor selama perpanjangan Pemisahan Sosial Berskala Besar (PSBB) pertukaran fase I hingga 13 Agustus 2020.

Padahal, sebelumnya, Kadisparekraf Cucu Ahmad Kurnia tahu mengeluarkan izin operasi bagi hidup dan sejumlah kegiatan indoor buat kembali beroperasi di tengah sambungan PSBB transisi melalui SK Cetakan 140 Tahun 2020 yang disahkan pada 6 Juli lalu.

Dicabutnya izin operasional hidup tentunya membuat pelaku di industry perfilman tanah air meradang. Pasalnya ruang kerja yang biasa men pundi-pundi uang harus terhenti. Serupa halnya dialami oleh Anton Pratama, Produser dan Importir film.

Untuk kelangsungan bisnis, kini ia harus banting stir mengaduk-aduk solusi agar ‘dapur tetap mengebul’. Bapak dari 5 anak ini lantas mengembangkan usaha baru dibidang persewaan kuda poni dan pedati besar di wilayah Ancol, Jakarta Utara dan Serpong Scientia Square yang bernama Kezillaz.

Kezillaz sendiri menurut Anton ialah singkatan nama tiga anak perempuannya yakni Kezia, Mikella dan Ellena.

Bukan hanya sekedar berkuda saja, Kezillaz juga mampu digunakan sebagai tempat foto pre wedding dengan kuda sebagi pokok pendukung foto romantic tersebut.

Uniknya Kezillaz juga telah menerapkan bisnis secara online, pada mana pelanggan dapat menyewa pedati secara online begitu juga secara sistem pemyaranya menghunakan platform pembayaran online e-commerce maupun aplikasi digital seperti via Traveloka, Gopay serta lainnya sehingga tarif sewa lebih transparan.

“Saat itu Kezillaz baru dapat melayani 10-20 anak di weekday dan 50-70 anak saat di weekend secara tarif sewa Rp50, 000/putaran. Tatkala tarif sewa untuk pemotretan Pre Wedding, biaya yang dikenakan sekitar Rp3, 5 juta termasuk groomer dan ijin lokasi. Lumayan untuk membuat dapur sedikit mengebul di masa seperti sekarang ini, ” tutur Anton.

Selain penyewaan berkuda, Kezillaz_ juga menyimpan peralatan berkuda yang juga bisa didapatkan melalui media sosial instagram dan facebook. Harganya cukup beraneka macam dari yang termurah sekitar Rp12, 5 juta untuk sadel tunggang biasa dan yang paling langka sadel ukir hand made koboi yaitu sebesar Rp. 25 juta.

Anton berharap, secara pengelolaan jasa penyewaan berkuda dengan professional ini bisa meningkatkan perekonomian dan taraf hidup penyedia pertolongan di masa pandemi Covid-19 ini.

Gregory Jenkins