Site Loader
bank-sentral-harus-larang-bitcoin-begitu-kata-1

Di tengah kenaikan harga beberapa masa belakangan ini, Bitcoin menuai kritik dari mantan Anggota Parlemen untuk Grantham dan Stamford, Nick Boles.

Boles mengkritik Bitcoin atas dampak negatif terhadap lingkungan. Di Twitter, ia membagikan kembali unggahan koresponden BBC , Rory Cellan-Jones yang menunjukkan konsumsi energi tahunan Bitcoin di Argentina dari Universitas Cambridge.

“Bank sentral harus melarang perdagangan Bitcoin dan memaksa penggunanya menukar dengan mata uang lain yang tak merusak (lingkungan), ” ujarnya, sebagaimana informasi yang Informasi Ekonomi lansir daripada Cointelegraph , Rabu (10/2/2021).

Baca Juga: Wow! Harga Bitcoin Bisa Capai Rp1, 4 Miliar Per Keping pada….

Baca Juga: Barang apa Itu Bull Market?

Menurutnya, ada mata uang siber lain yang tak membahayakan; merujuk pada kepemilikan saham yang lebih ramah lingkungan.

Lonjakan konsumsi energi Bitcoin menimbulkan perdebatan internal di industri kripto; khususnya tentang dampak ekologis penambangan aset kripto. Apalagi, estimasi konsumsi listrik Bitcoin mencapai 77, 9 TWh per tahun; dengan emisi gas rumah kaca tahunan mencapai tingkat yang sama dengan Selandia Baru.

Saat tersebut, Inggris tak memiliki aturan sendat terhadap Bitcoin walau aset tersebut tergolong sebagai mata uang langka.

Yang jelas, Boles percaya pemerintah mesti melarang penggunaan Bitcoin karena bermacam-macam dampak negatif yang menyertainya.

Gregory Jenkins