Site Loader
Bank Mandiri Libatkan 16 Ribu Penyalur Salurkan Bansos PKH

WE Online, Jakarta

Bank Sendiri mendukung Kementerian Sosial dalam menyembunyikan masyarakat lapisan bawah dari konsekuensi pandemi Corona. Terkait hal tersebut, perseroan siap menyalurkan bantuan baik (bansos) Program Keluarga Harapan (PKH) sebesar Rp200 ribu per kamar ke sekitar 1, 7 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) pada setiap bulan di masa penanganan Covid-19 sejak April hingga Desember 2020.

Langkah itu merupakan respons Bank Mandiri bersama-sama Bank Himbara lainnya atas rencana pemerintah memperkuat jaring pengaman baik bagi masyarakat lapisan bawah mencuaikan peningkatan bantuan sosial secara nominal maupun frekuensi. Sebelumnya bansos PKH hanya diberikan sebanyak empat kala setahun.

Bank Mandiri telah terlibat dalam penyaluran Bansos sejak 2017. Dalam kurun waktu tersebut, setiap tahun pihaknya sudah menyalurkan sekitar Rp11 triliun kalender PKH ke 1, 7 juta KPM serta bantuan sekitar Rp5 triliun program Sembako ke dua, 3 juta KPM.

Baca Juga: Alhamdulillah Ya Allah, Bansos PKH Bakal Berhenti Tiap Bulan

Menurut Direktur Hubungan Kelembagaan Bank Mandiri Donsuwan Simatupang, pihaknya siap bersinergi dengan Kementerian Sosial, pemda, serta pendamping program PKH dan program Sembako di seluruh Indonesia dengan melibatkan 16. 136 penyalur Bank Mandiri serta agen Bank Himbara lain di seluruh Indonesia.

Adapun proses pencairan bansos akan dilakukan secara non-tunai melalui ATM maupun agen bank agar program ini dapat berlangsung secara efisien, tepat sasaran, positif jumlah, tepat waktu, tepat nilai, dan tepat administrasi.

“Menindaklanjuti arahan Kementerian Sosial terkait penambahan jumlah penerima bansos sebanyak 4, 8 juta KPM untuk membantu masyarakat yang pendapatannya mendarat akibat Covid-19, kami dan Bank Himbara lainnya juga tengah menyiapkan pendataan dan pendistribusian Kartu Anak Sejahtera (KKS). KPM penerima bansos dari Bank Mandiri akan berserang sebanyak 640 ribu, ” imbuh Donsuwan di Jakarta, Selasa (14/4/2020).

Baca Pula: Gerindra Tagih Kesiapan Skema Restrukturisasi BRI & Bank Mandiri Untuk UMKM

Jadi upaya mempersiapkan penyaluran bansos dalam tengah wabah Covid-19, Donsuwan melanjutkan, pihaknya tetap menjaga dan memeriksa kesehatan setiap pegawai serta mengabulkan berbagai upaya untuk meminimalisasi & mencegah penyebaran Covid19 dengan menginstruksikan petugas Bank Mandiri dan pemasok Mandiri untuk menerapkan protokol anti-Corona saat penyaluran.

Tidak hanya itu, pihaknya juga mengingatkan penerima bansos untuk menggunakan masker saat mengambil bantuan, membawa hand sanitizer , menerapkan physical distancing , dan memberikan arahan agar cepat pulang setelah menerima bantuan, beserta langsung mandi saat baru pulang dari pengambilan bansos.

Ada jutaan anak dengan terkendala belajar online karena keterbatasan akses internet. Ada banyak tenaga medis yang tidak dibekali APD lengkap. Mari kita sama-sama sukseskan kampanye #AmanDiRumah untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Donasi Anda akan disalurkan untuk membantu logistik APD dan fasilitas pendidikan online anak-anak Indonesia. Informasi soal sumbangan klik di sini .

Gregory Jenkins