Site Loader
Bang Zulkifli Hasan Sangat Sayang Pas Hanafi Rais

DPP Partai Amanat Nasional (PAN) secara formal menerima surat pengunduran diri Hanafi Rais dari kepengurusan partai serta anggota DPR. Kendati begitu, PAN mengklaim putra Amien Rais tersebut tetap sebagai kader.

Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi mengungkapkan partainya telah menerima surat pengunduran diri Hanafi Rais.

“Mas Hanafi Rais tidak mundur sebagai anggota PAN. Jadi dapat dikatakan bahwa Mas Hanafi tetap anggota serta kader PAN, ” tegas Viva.

Diakui Viva, DPP PAN merasa berat hati untuk pengunduran diri Hanafi Rais pada kepengurusan partai dan di parlemen karena tenaga dan pikiran Hanafi masih diperlukan dalam menjalankan tugas partai.

“Setahu hamba, Ketua Umum PAN Bang Zulkifli Hasan sangat sayang kepada Akang Hanafi Rais. Hal itu tercermin dari sikap Bang Zul, ” ujarnya.

Namun, DPP PAN tidak dapat membatasi hak politik setiap kader dalam menentukan pilihan politik individu, jika merasa berbeda pemikiran dengan keputusan politik partai. Keputusan politik partai merupakan keputusan bersama yang bersifat beramai-ramai kolegial. Bukan keputusan pribadi-pribadi.

Jika sudah diputuskan melalui mekanisme rapat menjadi kebijakan kelompok maka semua pengurus dan kadet harus tunduk dan taat, termasuk ketua umum, ketua DPW, pemimpin DPD dan seluruh pengurus serta kader PAN. Tentang penggantian Pemimpin Fraksi PAN DPR akan dilakukan segera karena tidak boleh tersedia kekosongan kepemimpinan di fraksi PAN DPR.

Partner Sindikasi Konten: Rakyat Merdeka

Gregory Jenkins