Site Loader
Asing Banget! Swedia Bisa Capai Kekuatan Imun pada Mei, Kok Mampu?

WE Online, Stockholm

Swedia menjadi negara Eropa dengan menempuh kebijakan berbeda dibandingkan lainnya. Stockholm menerapkan prinsip kekebalan gerombolan dan tidak menerapkan lockdown ataupun isolasi wilayah.

Utusan Besar Swedia untuk Amerika Konsorsium (AS) Karin Ulrika Olofsdotter mengklaim bahwa Stockholm akan bisa menyentuh kekebalan kelompok pada Mei kelak.

Baca Serupa: Cara Swedia Lawan Corona: Pakai Tahik Ayam!

“Ada 30 persen penduduk Stockholm sudah mencapat tingkat kekebalan, ” kata Olofsdotter kepada National Public Radio (NPR).

Padahal, virus corona telah menginfeksi lebih dari tiga juta orang di seluruh dunia.

“Kita bisa mencapai kekebalan imunitas di Stockholm pada awal bulan mendatang, ” kata Olofsdotter.

Kekebalan imunitas terjadi ketika sekelompok orang dengan prosentase yang lulus memiliki imunitas terhadap virus, cantik melalui infeksi atau vaksinasi. Nanti, kekebalan kelompok bisa menyebar ke seluruh kelompok.

Olofsdotter mengungkapkan, pemerintah melaksanakan banyak pengkajian dan pengujian untuk menjawab bervariasi pertanyaan mengenai imunitas. Dia juga menjelaskan, Pemerintah Swedia siap mengubah kebijakan jika situasi memungkinkan.

“Tapi, saat ini tak ada rencana untuk mengubah ajaran kebijakan, ” katanya.

Swedia memang berbeda dengan negeri tetangganya, seperti Denmark dan Norwegia yang memberlakukan isolasi wilayah dengan ketat. Sekolah, restoran dan was-was perbelanjaan di Swedia masih sibak dan pemerintah hanya menghimbau buat menjaga jarak dan melarang pertemuan lebih dari 50 orang. Tetapi, sebagian besar sekolah dan universitas melaksanakan pembelajaran online.

“Pendekatan kita menekankan pada keberlanjutan, ” kata pakar epidemiologi Anders Tegnell yang memimpin penanganan Covid-19.

Apa kelebihan secara kebijakan kekebalan imunitas kelompok? “Ekonomi Swedia bisa lebih cepat pulih setelah pandemi berhasil dikendalikan, ” kata Olofsdotter.

Total kasus Covid-19 di Denmark menyentuh 9. 065 kasus dengan kira-kira 427 kematian dengan 5, 8 juta penduduknya. Jika dibandingkan negeri tetangga, Denmark cukup sukses. Dalam Norwegia yang memberlakukan isolasi daerah memiliki 7. 599 kasus & 206 kematian.

Partner Sindikasi Konten: SINDOnews

Gregory Jenkins