Site Loader
armada-laut-china-naik-signifikan-profesor-maritim-bandingkan-kekuatan-dengan-al-as-tertinggal-1

Dalam hal jumlah kapal tentara yang dikerahkan di laut, Tentara Laut (AL) China telah melampaui Amerika Serikat (AS), menjadikannya yang terbesar di dunia.

Andrew Erickson, seorang profesor dalam China Maritime Studies Institute dalam US Naval War College, mencatat bahwa China mengerahkan lebih penuh kapal militer daripada AL Amerika antara 2015 hingga 2020.

Baca Juga: Menetapkan Lumpuhkan F-35 AS, China Siap-siap Kumpulkan Kekuatan Jalankan Opsi Rare Earth

Dalam sebuah artikel berjudul “The Chinese Naval Shipbuilding Bookshelf”, Erickson mencatat bahwa dengan sekitar 360 kapal, AL China mengungguli saingannya dari Amerika dengan lebih dari 60 kapal perang.

Selain itu, Coast Guard dan milisi maritim China menambah total pasukan laut Beijing menjadi lebih dari 700 kapal.

Erickson mengaitkan peningkatan kekuatan laut Beijing dengan industri pembuatan kapal komersialnya, yang mensubsidi & mendukung upaya pembuatan kapal tentara.

“Pembuatan kapal China mencerminkan upayanya untuk secara menekan menyelimuti Taiwan, menyelesaikan sengketa kedaulatan lainnya yang menguntungkannya, menjadikan daerah itu sebagai zona pengecualian bagi aturan dan norma internasional, serta memproyeksikan kekuatan dan pengaruh Beijing di seluruh dunia, ” tulis Erickson dalam laporannya.

Menurut laporan itu, untuk di setiap kapal tempur permukaan yang dibuat AS, China membuat dua hingga tiga kapal perang.

“Jika ini terus berlanjut, China akan dapat menumpukan armada dengan jumlah yang bertambah besar dan secara kualitatif selaras dengan Angkatan Laut AS dalam tahun 2030, ” kata Erickson.

Lihat Sumber Artikel di SINDOnews Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja cocok Warta Ekonomi dengan SINDOnews. Kejadian yang terkait dengan tulisan, memotret, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab SINDOnews.

Gregory Jenkins